CARA MEMBUAT VISA KOREA SELATAN

CARA dan TIPS MEMBUAT VISA KOREA SELATAN

Hay guys, ditulisan saya kali ini akan menjelaskan bagaiman cara membuat visa Korea Selatan. Semua pasti sudah tahu, Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki banyak peminat untuk traveling ke Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan juga cukup gencar-gencarnya membuka gerbang pariwisata. Membuat visa Korea Selatan menurutku tidak begitu sulit akan tetapi ribetnya saat proses menyiapkan dokumen” yang harus disiapkan untuk apply visa. Oleh sebab itu, yuk simak syarat membuat visa dibawah ini.

A. Syarat untuk membuat visa kunjungan wisata ke Korea Selatan :
  1. Formulir aplikasi permohonan visa (Form Visa)
  2. Pasfoto berwarna terbaru 2 lembar (background putih) dengan ukuran 4x6 cm. Pasfoto tersebut diambil 6 bulan terakhir dan ditempel pada form aplikasi visa.
  3. Paspor Asli dan fotocopy paspor (halaman identitas depan dan belakang/official notes, cap imigrasi/visa Negara lain yang pernah dikunjungi.
  4. Fotocopy identitas seperti KK (Kartu Keluarga), KTP, akte kelahiran, akte nikah, ID card kantor dan kartu nama. Jika kalian tidak memiliki kartu nama tidak usah dilampirkan asalkan akte, kk, ktp dan ID card kartor (khusus pegawai) telah dilampirkan.
  5. Surat keterangan bekerja dari kantor atau perusahan dibuatnya menggunakan bhs. Inggris dan telah ditandatangi oleh HRD atau atasan yang memiliki kewenangan.                                   Note : ini penting ya untuk dilampirkan karena ini membuktikan pihak kedutaan bahwa kalian dalam kondisi tidak mencari pekerjaan di Korea Selatan.
  6. Bagi kalian yang masih sekolah ataupun mahasiswa, harus ada surat keterangan sekolah ataupun mahasiswa dan dibuatnya menggunakan bhs inggris.                                      Pengalamanku sebelumnya karena saya sebagai mahasiswa yang telah selesai sidang dan menunggu wisuda jadi agak susah untuk membuat surat aktif kuliah karena status saya tidak aktif kuliah lagi dan akhirnya setelah konsultasi kepada WD III (Wakil Dekan III bagian kemahasiswaan) diberikanlah kemudahan untuk membuat surat keterangan kuliah. Karena dikampus tidak menyediakan surat dalam bhs inggris jadi saya harus translate sendiri dan itupun masih ada revisi lagi, setelah setelah revisi alhasil diberikan juga ttd sama WD III. Kamsahamnida WD III. 
  7.  Fotocopy kartu pelajar/mahasiswa. 
  8. Bagi kalian yang berstatus masih sekolah ataupun mahasiswa yang tidak berpergian dengan orang tua wajib membuat surat izin orang tua yang menyatakan bahwa kalian diperbolehkan pergi ke Seoul. Note : Berkop surat dan bermaterai 6000.
  9. Melampirkan bukti booking tiket pesawat, hotel, dan lampirkan juga itinerary (contoh itinerary digunakan untuk apply visa saja) itinerary seoul. Untuk hotel kalian bisa booking di www.booking.com. Saya sendiri booking guest house di www.booking.com.
  10.  Syarat bukti keuangan yaitu rekening koran selama 3 bulan terakhir (Misalnya kamu mau apply visa bulan desember jadi yang harus diprint dari bulan oktober-desember) dan surat referensi (Rekening Koran harus satu paket dengan referensi bank dan harus melampirkan kedua itu).  Biaya print rekening koran di Bank BCA hanya 2.500 perlembar, tetapi karena harus ada legalisir dari Bank jadi tambahan biaya 50rb perlegalisir. Total semuanya yaitu 110rb.                                                                                                                                        Nah, ini nih yang sering jadi pertanyaan harus berapa limit yang ada ditabungan? Sebenarnya untuk min saldo ditabungan gak ada patokan yang diberikan dari kedutaan tapi harus ada  saldo setidaknya 15juta. Jadi hitungannya begini seumpamanya kamu 9 hari di Seoul dan perhari mengabiskan 1jt - 1,5jt jadi tinggal kalikan aja 1,5jt x 9 = 13,500,000. Untuk orang” yang bilang harus ada duit 30jt-50jt mungkin itu syarat dari travel kali ya, karena rata-rata kalau urus visa via travel syaratnya minimal saldo ditabungan 30jt. Tapi karena saya sendiri berdomisili di Bali jadi saya mengurus visa di Lila Buana Travel dan saldo tabungan saya pun gak nyampe 30jt cuman 17jutaan, karena saya juga melampirkan rekening koran kakak saya dan depositnya. Tabungan kakak saya juga hanya ada 19jutaan tapi didepositnya lumayan gede juga dan alhamdullilah visa saya ke approved.
  11. Bagi yang masih berstatus mahasiswa dan yang masih sekolah harus melampirkan bukti keuangan orang tua salah satunya rekening koran selama 3 bulan terakhir dan surat referensi orang tua atau saudara yang tercantum di KK (sebagai sponsor). Jika kalian punya tabungan sendiri itu lebih bagus lagi untuk dilampirkan. boleh juga melampirkan : 
    1. Kartu membership Golf (Surat keterangan dan fotocopy)
    2. Kartu membership Hotel Bintang Lima (
      Surat keterangan dan fotocopy)
  12. Surat sponsor untuk yang masih dibiayai oleh ortu atau siapapun dan jika kalian bekerja lebih baik meminta surat sponsor dari perusahaan tempat pemohon bekerja. (dibuat menggunakan bhs inggris). 
  13. Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI (Fotocopy).       Note: Bila tidak memiliki SPT PPH-21 wajib membuat surat pernyataan bahwa tidak memiliki SPT yang berkop surap dan materai).
  14. Lampirkan slip gaji 3 bulan terakhir. Bagi mahasiswa harus melampirkan slip gaji orang tua (sponsor). Jika telah pensiun maka wajib melampirkan bukti tunjangan pensiun. (Fotocopy).
  15. Lampirkan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan (Fotocopy).                                         Note: point 15 ini hanya untuk yang pedagang atau wiraswasta

B.     Biaya pembuatan Visa yang dikeluarkan oleh Kedutaan Korea Selatan :
  1.   Single Visa (Visa Kunjungan dibawah 90 hari) Rp.544.000
  2. Single Visa (Visa Kunjungan diatas 90 hari) Rp.816.000 
  3.  Multiple Visa (Belaku untuk 5 tahun) Rp.1.224.000 
  4. Double Visa (Berlaku untuk 6 bulan dan 2 kali masuk) Rp.952.000

Cara mengecek status pengajuan visa Korea Selatan dapat dibuka dilink ini (Mengecek Status Pengajuan Visa Korea Selatan Melalui Online)
Jika kalian ada pertanyaan, bisa coment dibawah ini ya.

 감사합나다 여러분😊




Comments

  1. Halo mba. Baru baca blog nya dan ada info yg kurang lengkap juga yg saya terima. Nah untuk surat keterangan kerja, apa disertai lama bekerja?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengecek Status Pengajuan Visa Korea Selatan Secara Online

Tips Solo Traveling Ke Nusa Lembongan, Bali